Tutorial Belajar Pemrograman Web

Html Programming Advanced Technology Web Concept

Tutorial Belajar Pemrograman Web – HTML adalah inti dari semua halaman web. Tidak mungkin membuat situs web tanpa memiliki pengetahuan dasar tentang HTML. Untungnya, HTML juga sangat mudah dipelajari. Anda tidak perlu memiliki pemrograman web dasar atau pengetahuan tentang  algoritma apa pun.

Setelah HTML, Kemana Anda Pergi?

Sama seperti HTML, CSS juga tidak memerlukan pengetahuan pemrograman. Baik CSS maupun HTML sebenarnya bukan ‘bahasa pemrograman’. Keduanya merupakan bahasa struktural yang terdiri dari perintah-perintah sederhana (walaupun CSS mungkin ‘sedikit’ lebih rumit dari HTML).

Pemrograman Web dengan PHP

Selanjutnya, setelah mempelajari HTML dan CSS, Anda dapat melanjutkan ke PHP. Tidak seperti HTML dan CSS, PHP adalah ‘murni’ bahasa pemrograman komputer.PHP digunakan untuk membuat ‘program’ yang sebenarnya dari sebuah situs web. Jika Anda membuat situs web modern, 80% waktu Anda akan dihabiskan untuk mengkode program PHP, terutama situs web yang lebih banyak menggunakan fitur untuk ujian online, sistem informasi, dll.

Untuk dapat mempelajari PHP, Anda harus memiliki dasar-dasar pemrograman. Meski begitu, Duniailkom telah memberikan tutorial dasar PHP untuk pemula yang mencakup langkah-langkah dari awal, sehingga Anda dapat belajar PHP meskipun Anda tidak memiliki pemrograman dasar.

Menyimpan Data di Database MySQL

Ketika membuat website dan website tersebut digunakan untuk menampung data, maka kita membutuhkan suatu media penyimpanan.  Media penyimpanan ini dikenal dengan database.Ada berbagai macam aplikasi database yang dapat digunakan, saat ini aplikasi database yang paling populer untuk pemrograman web adalah MySQL. Anda dapat mempelajari MySQL bersamaan dengan PHP atau fokus pada PHP dan kemudian beralih ke MySQL.

Sebenarnya Anda bisa langsung belajar JavaScript setelah belajar HTML, tapi saya sarankan masuk ke JavaScript setelah Anda memahami PHP, apalagi jika Anda belum pernah mempelajari bahasa pemrograman komputer sebelumnya.

JavaScript menggunakan konsep pemrograman berorientasi objek (Object Oriented Programming). Konsep OOP cukup sulit bagi pemula (apalagi jika belum pernah belajar OOP). Namun, dengan materi dan panduan yang tepat, belajar JavaScript sangat menyenangkan. Fitur dan hasil akhir yang bisa didapatkan dengan JavaScript sangat menarik, seperti animasi, konten interaktif, dll.

Ada beberapa faktor yang perlu dipertimbangkan. Pertama, kata ‘master’ di sini sangat relatif. Untuk sekedar ‘mengetahui’ tentang fungsi masing-masing ‘bahasa’ tersebut, Anda bisa menghabiskan waktu sekitar 1 minggu (hari pertama belajar HTML, hari kedua belajar CSS, dll). Tapi sekali lagi, ini hanya untuk ‘tahu’, itupun kalau tidak repot dengan pembahasannya masing-masing.

Ada banyak bahasa untuk masing-masing ‘bahasa’ ini. Jika melihat buku-buku yang diterbitkan di luar seperti di amazon.com, beberapa buku bahkan ada yang sampai 1000 halaman, dan hanya membahas satu jenis materi saja seperti HTML saja, PHP saja, atau JavaScript saja. Manual resmi PHP dan MySQL bahkan bisa mencapai 2000 halaman.

Jadi mungkin pertanyaannya bisa dibalik, yaitu seberapa banyak yang ingin Anda pahami? Dengan asumsi setiap hari Anda menghabiskan 4-5 jam untuk belajar, dalam 1 bulan Anda dapat dianggap telah menguasai 1 materi (+ beberapa minggu untuk latihan kode program), sehingga total dalam 5 bulan Anda dapat menguasai HTML, CSS, PHP , MySQL, dan sebagainya. JavaScript. Asalkan Anda sudah memiliki sumber bacaan yang mudah dipahami seperti buku, ebook, atau tutorial online.

Jika Anda berniat belajar pemrograman web sebagai ‘hobi’ atau sekedar mengisi waktu luang, memahami lima bahasa pemrograman web di atas sudah cukup. Namun bagi Anda yang berniat serius terjun ke dunia web programming, atau bahkan ingin berkarir sebagai web programmer, ini barulah “gerbang awal”.

Dunia ilmu komputer khususnya web programming berkembang sangat pesat. Setiap bulan (kalau tidak setiap hari) lahir teknologi baru yang bisa digunakan untuk membuat website yang lebih “wow” dari sebelumnya. Teknologi ini hadir dalam bentuk library, plugin, framework, CMS atau bahkan bahasa pemrograman baru.

Misalnya dalam bahasa pemrograman PHP, Anda juga akan dituntut untuk memahami framework. Framework adalah kumpulan kode program dengan aturan tertentu yang dapat digunakan untuk menghasilkan website dengan cepat. Beberapa framework PHP yang terkenal adalah Laravel, Code Igniter, Yii Framework, dan Zend Framework.

Demikian ulasan artikel yang kami buat tentang Pemrograman Web, semoga bermanfaat.

Share:
0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments