Merawat Power Bank Supaya Tidak Cepat Rusak

Cara Mudah Merawat Power Bank Supaya Tidak Cepat Rusak – Power bank adalah perangkat untuk mengisi daya ponsel saat tidak ada listrik atau jauh dari rumah. Power bank disebut juga sebagai baterai cadangan atau power store untuk ponsel kamu jika kehabisan daya. Power bank dibutuhkan saat kita sedang berpergian atau saat tidak ada listrik.

Power bank terdiri dari berbagai kapasitas untuk mengisi baterai. Mengisi daya power bank sama dengan mengisi daya ponsel, yaitu mencolokkan kabel ke lubang pengisian daya. Untuk proses charging power bank lama atau tidaknya tergantung dari kapasitas power bank itu sendiri (power bank dalam bentuk mAh). Disini kami akan menjelaskan tentang Cara Mudah Merawat Power Bank agar tidak cepat rusak.

Cara Mudah Merawat Power Bank Supaya Tidak Cepat Rusak

Merawat power bank merupakan kewajiban bagi kita agar power bank tetap awet dan tahan lama. Terkadang banyak kesalahan yang kita lakukan terhadap power bank sehingga membuat power bank menjadi rusak.

Segera Isi Ulang Saat Low Baterai

Saat power bank Anda menunjukkan indikator baterai rendah, segera isi daya bank daya. Jika power bank memiliki 4 lampu LED, maka segera isi daya power bank saat lampu LED tersisa 1 buah. Jangan mencoba mengisi daya bank daya saat 2 atau 3 lampu LED masih menyala.

Jangan sampai ketika Anda menggunakan power bank, Anda menggunakannya sepenuhnya karena akan sulit ketika Anda ingin membutuhkannya. Kebiasaan seperti itu menyebabkan pengisian power bank memakan waktu lebih lama dari biasanya dan baterai power bank akan cepat rusak.

Jangan Simpan Power Bank Di Tempat Yang Panas

Saat ingin menyimpan power bank, mohon untuk tidak menyimpannya di tempat yang panas, karena power bank itu sendiri sering mengeluarkan panas baik saat sedang diisi daya maupun saat digunakan. Jika power bank terkena panas akan menyebabkan power bank memiliki kapasitas panas yang berlebih.

Jangan Gunakan HP Yang Di Charge Dengan Power Bank

Masalah ini akan mempengaruhi kedua komponen yaitu ponsel dan power bank. Jika Anda selalu menggunakan ponsel yang sedang dicharge dengan power bank, maka ponsel dan power bank akan cepat rusak. Masalah ini menyebabkan arus listrik yang akan dilepaskan menjadi tidak stabil. Hal ini akan mempengaruhi kesehatan baterai ponsel dan baterai power bank.

Jangan Jatuhkan Power Bank

Jika power bank terjatuh, pasti ada komponen yang rusak dan lama kelamaan membuat power bank tidak berfungsi. Oleh karena itu, simpan power bank di tempat yang aman agar power bank tidak terbanting atau terbentur.

Hindari Power Bank Over Charging

Hal ini sering dilakukan untuk pengguna power bank yaitu membiarkan power bank over charge. Perangkat yang tidak memiliki sertifikat Over Charging Protection akan menyebabkan baterai power bank cepat rusak. Jika Anda sering men-charge power bank saat sedang tidur, sebaiknya belilah adaptor listrik karena dapat mengatur timer saat power bank sedang di-charge sehingga tidak terjadi overcharging.

Hindari Sering Charge Power Bank

Power bank sebagai penampung daya cadangan saat kita berpergian atau saat tidak ada aliran listrik. Jika power bank habis, maka harus di charge agar power bank di isi ulang. Power bank memiliki jenis baterai yang disebut Li-Ion (Lithium-Ion) dan Li-Po (Lithium-Polymer). Kedua jenis baterai ini memiliki siklus hidup yang sangat berbeda.

Powerbank dengan baterai Li-Ion memiliki siklus hidup sekitar 500× isi ulang sedangkan baterai jenis Li-Po memiliki siklus hidup sekitar 1000× isi ulang. Jika baterai sudah mencapai siklus maksimal, power bank akan cepat habis dan membutuhkan waktu lama untuk mengisi daya. Oleh karena itu, jika Anda ingin memiliki power bank yang tahan lama, usahakan jangan terlalu sering men-charge power bank.

Cuci Power Bank Anda

Disarankan untuk mencuci power bank Anda saat kotor atau aus. Power bank kotor karena sering disimpan di tempat tertutup dalam waktu lama. Jika ada power bank lama dan masih berfungsi, cuci dulu agar terlihat keren kembali.

Bagaimana cara mencuci power bank yang benar agar tidak merusak komponen? , cara mencuci power bank menggunakan busa. Gunakan busa yang dihasilkan dari cairan pencuci piring, lalu bersihkan dengan spons atau sikat gigi, jangan sampai busa menyebar ke output power bank.

Demikian ulasan tentang Cara Mudah Merawat Power Bank Supaya Tidak Cepat Rusak semoga bermanfaat.

Share:
0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments