Langkah-Langkah Memasang Router WiFi

Langkah-Langkah Memasang Router WiFi – Setelah membeli router WiFi, saatnya untuk menginstal dan mengaturnya. Mungkin ada beberapa pengaturan yang berbeda. Tentu saja, itu tergantung pada model dan merek Router WiFi yang Anda gunakan. Namun secara umum, proses instalasinya tidak jauh berbeda kok.

Ini Langkah-Langkah Memasang Router Wifi Di Rumah

Hidupkan Dan Hubungkan Modem Dengan Router

Hubungkan router dengan mencolokkan kabel daya ke stopkontak terdekat. Kemudian hidupkan router dengan menekan tombol power ke posisi ON. Hubungkan modem melalui kabel Ethernet. Untuk beberapa tipe dan seri, beberapa sudah mendukung koneksi USB.

Colokkan kabel ke jack router atau yang disebut WAN atau uplink. Saat menghubungkan perangkat ke jaringan kabel, pastikan setiap ujung kabel tersambung dengan benar dan tidak kendor. Pastikan juga router telah mengenali perangkat modem.

Menghubungkan Komputer Ke Router

Hubungkan komputer ke router melalui kabel jaringan. Perlu dicatat, jika menggunakan koneksi Wi-Fi dari router untuk instalasi awal tidak disarankan karena pengaturan pada Wi-Fi tidak dikonfigurasi dengan benar. Penggunaan kabel untuk instalasi pada router juga bertujuan untuk menghindari koneksi yang tidak stabil pada saat instalasi.

Cara Mempercepat Koneksi Wifi, Plus Rekomendasi Wifi Extender

  • Tempatkan router di tempat yang nyaman
  • Arahkan antena router dengan benar
  • Perhatikan teknologi WiFi yang Anda gunakan
  • Gunakan adaptor WiFi
  • Beralih ke saluran nirkabel dengan penggunaan yang lebih sedikit
  • Gunakan pemanjang jangkauan nirkabel
  • Analisis kekuatan sinyal WiFi dengan aplikasi
  • Atur ulang pengaturan jaringan dan DNS flush
  • Optimalisasi pengaturan Quality of Service (QoS)
  • Beralih ke router dengan teknologi WiFi yang lebih baru

Buka Menu Admin Router Dan Masuk

Setelah komputer terhubung ke router, buka browser web. Kemudian masukkan alamat router ke menu admin. Jika gagal, silakan periksa manual router Anda masing-masing. Jika Anda sudah masuk ke menu admin router, masukkan username dan password Anda.

Cara Mengatasi Masalah Android Tidak Dapat Terhubung Ke Wi-Fi

  • Pastikan koneksi WiFi Android Anda aktif
  • Periksa penggunaan jaringan dengan kata sandi yang benar
  • Mulai ulang ponsel Android Anda
  • Reboot perangkat router
  • Hubungkan kembali dengan ‘Lupakan jaringan’

Biasanya, detail username default adalah “admin” dengan password “password”.

 Masukkan Data Dan Informasi Tentang Koneksi Internet

Anda ntuk dapat terhubung ke Internet, masukkan informasi dan konfigurasi router sesuai dengan jaringan yang Anda gunakan. Misalnya, jika Anda menggunakan Internet DSL, maka Anda harus memasukkan pengaturan nama pengguna dan kata sandi PPPoE ke router. Begitu juga jika Anda menggunakan alamat IP statis.

Memperbarui Alamat MAC Router

Beberapa penyediakan pastikan komputer dapat menerima layanan internet mengotentikasi pelanggan mereka dengan alamat MAC. Anda dapat memperbarui alamat MAC perute melalui menu admin perute. Untuk panduan lebih lanjut, Anda dapat merujuk ke manual router masing-masing.

Pertimbangkan Untuk Mengubah Nama Jaringan (SSID)

Router baru umumnya menggunakan nama default sesuai dengan produsennya masing-masing. Untuk alasan keamanan, Anda dapat mengubah nama SSID. Jika demikian, coba verifikasi koneksi jaringan lokal antara komputer dan router. Pastikan komputer dapat menerima informasi alamat IP dari router dengan benar. Periksa juga apakah komputer dapat terhubung ke internet.

Menghubungkan Komputer Atau Perangkat Lain Ke Router

Selanjutnya Anda menghubungkan komputer atau laptop dengan kabel ethernet melalui colokan LAN jika tersedia. Jika Anda memutuskan untuk menggunakan nirkabel, pastikan nama jaringan (SSID) yang Anda pilih cocok dengan SSID di router, bersama dengan kata sandi yang telah ditetapkan sebelumnya di langkah 3.

Setel Fitur Keamanan Jaringan

Untuk dapat mengkonfigurasi fitur keamanan jaringan dan menjaga sistem router tetap aman dari penyusup dan peretas, Anda dapat menggunakan fitur Enkripsi Nirkabel WPA2. Pastikan juga router Anda mendukung fitur WPA2. Untuk lebih jelasnya Anda bisa membaca tips tentang keamanan router pada pembahasan terkait tentang  tips mengamankan router WiFi dari serangan hacker.

Jika semua langkah sudah dilakukan, langkah selanjutnya adalah menentukan posisi dimana Anda meletakkan router WiFi.  Pastikan Anda meletakkannya di tempat yang aman dan jauh dari hal-hal yang dapat merusak router, seperti air dan jangkauan anak-anak.

Demikian ulasan tentang Memasang Router Wifi  semoga bermanfaat.

Share:
0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments