Inilah Cara Efektif Mengatasi Laptop Lemot Yang Dapat Kamu Coba

Inilah Cara Efektif Mengatasi Laptop Lemot Yang Dapat Kamu Coba – Saat ini, laptop menjadi sebuah alat penting untuk berbagai keperluan mulai dari pekerjaan hingga pembelajaran di sekolah. Laptop ini mempunyai desain yang kecil sehingga dapat dibawa dalam perjalanan mobile. Namun seiring berjalannya waktu, kinerja pada laptop semakin menurun, salah satunya adalah laptop menjadi lebih lambat untuk digunakan. Lalu bagaimana cara Mengatasi Laptop Lemot?

Laptop yang lemot bisa disebabkan oleh banyak hal, dapat dari sisi pengguna atau masalah hardware. Nah, jika sudah seperti ini, pasti akan mengganggu suatu produktivitas kerja. Ada solusi yang dapat Anda lakukan untuk mengatasi laptop lemot.

Anda tidak usah membawanya ke service center komputer karena bisa dilakukan sendiri. Nah, supaya laptop kamu bisa kembali seperti semula, kamu bisa membaca beberapa cara mengatasi laptop lemot di bawah ini. Silahkan baca sampai habis agar masalah laptop lemot dapat teratasi dengan mudah.

Cara Mengatasi Laptop Lemot

1. Laptop Terkena Virus

Masalah pertama yang menyebabkan laptop lemot adalah virus. Virus ini dapat berasal dari flashdisk atau bisa juga dari download file dari internet. Virus ini tidak terlihat pada sebuah pandangan pertama, tetapi mereka bekerja di belakang sistem pada komputer. Untuk Anda yang suka mendownload dari internet, pastikan website yang Anda buka menggunakan Sertifikat SSL.

Cara mengetahuinya cukup mudah, pastikan ada logo “gembok” di depan URL atau pakai HTTPS di URL website. Solusi untuk dapat mengatasi virus tersebut adalah dengan cara menginstall software antivirus. Ada banyak pilihan software yang dapat kamu install di laptop, cukup satu saja. Jika lebih dari dua, biasanya ada beberapa antivirus yang bisa menyebabkan crash atau hang.

2. Instal Antivirus

Jika laptop terkena virus dan menyebabkan laptop lemot, maka cara untuk mengatasi laptop lemot adalah dengan memasang antivirus. Seperti halnya manusia, laptop juga dapat terkena penyakit sehingga performanya menurun. Solusinya adalah dengan menginstal antivirus.

3. Harddisk Penuh

Penyebab ketiga laptop lemot adalah harddisk yang penuh. Perlu Anda ketahui bahwa sistem operasi membutuhkan kapasitas tersendiri untuk file-file temporary, fragmentasi, swap file dan sejenisnya. Jika kapasitas harddisk sudah penuh, maka beberapa file tersebut tidak dapat bekerja dengan baik, harus menunggu di antrian terlebih dahulu. Inilah yang menyebabkan kinerja laptop lambat.

4. Terlalu Banyak Install Addons Browser

Seharusnya addons browser sangat berguna untuk kita, dan banyaknya fitur yang tidak ada pada browser lainnya. Pada dimana mimin menemukan kejanggalan pada browser chrome yang di install banyak addons. Setelah di cek task manager aplikasi chrome sangat memakan ram banyak, yang mungkin juga dikarenakan banyaknya addons yang di install pada browser terlalu banyak.

Solusinya yaitu men-disable beberapa addons yang mungkin tidak di gunakan lagi atau tidak digunakan untuk sekarang. Jika ada addons yang ingin di gunakan, kamu tinggal men-enable lagi.

5. Sistem Operasi Belum di Update

Disituasi yang mungkin kamu tidak tahu masalah terjadinya laptop kamu menjadi lambat, mungkin cara satu ini bisa menjadi solusi. Walaupun sebenarnya fungsi Updating ini bukan dikarenakan terjadinya laptop menjadi lemot, Tetapi juga bisa di jadikan solusi yaitu memperbaiki dari beberapa fitur-fitur yang masih di versi sebelumnya.

Untuk kamu yang belum melakukan update menyeluruh diharapkan untuk dilakukan, agar laptop bisa lebih optimal dengan fungsi atau fitur versi terbarunya.

6. Install Software Cleaner/Pembersih

Ini adalah salah satu software yang harus kamu wajib install di laptop kamu. Software ini memiliki fungsi untuk membersihkan sampah-sampah file yang mungkin tidak di gunakan dan menyebabkan terjadinya laptop kamu menjadi lemot. Dengan adanya software ini juga mungkin bisa membuat hardisk yang tadinya penuh menjadi lebih luas lagi.

Mimin ada beberapa rekomendasi software cleaner untuk laptop kamu nih yaitu dari Disk Cleanup, Avast Cleanup, Total PC Cleaner, CCleaner, Advanced System Optimizer, Ashampoo WinOptimizer, AVG PC TuneUP, Razer Cortex, Disk Defragment Tools

Demikian ulasan tentang Cara Efektif Mengatasi Laptop Lemot Yang Dapat Kamu Coba semoga bermanfaat.

Share:
0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments