Gampang Banget ! 3 Cara Menghubungkan Google Form dengan Spreadsheet

cara menghubungkan google form dengan spreadsheet

Salah satu fitur terbaik yang dimiliki Google Form adalah bisa menghubungkan dengan Google Spreadsheet ataupun Google Sheet. Google Form merupakan sebuah layanan Google yang mempermudah pengguna dalam membuat survei kuesioner, formulir, ataupun semacamnya. Tapi apakah kamu sudah tahu cara menghubungkan google form dengan spreadsheet?

Google Spreadsheet atau Sheet adalah software berbasis web kepunyaan Google, yang bisa membuat tabel, perhitungan sederhana, ataupun pengolahan info. Satu kaitan yang membedakan  dari software homogeny, semacam Microsoft Excel ataupun Numbers  dari Apple, yang merupakan sebuah kemudahan dalam menjalankan kerja sama antarpengguna. Selain itu, aplikasi ini juga bisa menghubungkan Google From dengan spearsheet melalui cara menghubungkan google form dengan spreadsheet.

Cara Menghubungkan Google Form dengan Spreadsheet dengan Mudah

Dengan Google Form inilah Kamu bisa mengumpulkan informasi secara lebih mudah, ialah hanya dengan memberi tambahan link yang Kamu buat kepada orang lain ataupun responden Kamu. Baru sesudah itu, semua info akan terkumpul di dalam Google From, Kamu juga bisa melakukan filter berita di media lain, untuk mempermudah kebutuhannya.

Misalnya saja, hasil  dari Google Form hendak diketik kembali pada dokumen tertentu, selaku bahan rekapan atas banyak info yang sudah terkumpul. Akan tetapi, cara termudahnya ialah  Kamu bisa menghubungkan secara langsung  dari Google From itu ke Google Shee,t yang sesudah tersebut dapat Kamu unduh menjadi wujud Ms.Excel.

Terkait ini pastinya hendak lebih mempermudah Kamu didalam mencerna data-data yang Kamu menerima  dari responden. Nah untuk itu, berikut ini cara menghubungkan google form dengan spreadsheet, yang bisa Kamu jalani buat menghubungkan secara segera Google Form dengan dengan Google Sheet yang keduanya mirip layanan Google yang bisa pengguna akses secara free.

Cara Mudah Menghubungkan Google Form ke Google Spreadsheet

Buat menghubungkan Google Form ke Google Sheet, sampai Kamu mesti miliki Google From terlebih pernah. Begini cara menghubungkan google form dengan spreadsheet menurut jurnalremaja:

  • Buat Formulir terlebih pernah melalui laman docs.google.com/forms.
  • Klik pada icon+(tambah), sesudah tersebut isi formulir cocok dengan keperluan Kamu.
  • Sesudah selesai membuat, Silahkan bergeser pada tab “Responses” Klik ikon Google Sheet berwarna hijau pada pojok kanan.
  • Seleksi “Create a new spreadsheet” Masukkan sebutan spreadsheet Kamu, lantas Klik “Buat”
  • Nantinya Google Sheet hendak menyatakan berita dari responden yang Kamu memohon cocok format yang telah Kamu buat lebih dahulu.

Namun Kamu perlu mengerti, jika selagi sebelum memberitahukan ke tak terhitung responden, Kamu bisa membenarkan terlebih pernah Google Form dan juga Spreadsheet sudah tersambung. Triknya dengan mencobanya mengisi kuisioner Kamu sendiri, sehabis tersebut amati hasilnya pada Google Sheet Kamu.

Cara Mengganti Google Spreadsheet Menjadi Excel

cara menghubungkan google form dengan spreadsheet ini bisa Kamu pakai sesudah Kamu punya kabar pada Google Sheet. Kamu dapat mengubahnya menjadi arsip Excel buat bisa Kamu olah ulang dengan lebih mudah. Berikut triknya:

  • Buka Google Spreadsheet, sesudah itu cari sebutan Sheet yang tadi udah Kamu hubungkan dengan Google Form.
  • Berikutnya klik pada Arsip = Unduhan
  • Sehabis tersebut pilih Microsoft Excel(.Xlsx). Maka semua kabar yang terdapat pada Google Sheet Kamu, sudah bisa Kamu edit secara segera lewat Microsoft Excel.

Kelebihan dan Kekurangan Google Sheets

Kelebihan Google Sheets

  • Pengguna bisa mengenakan Google Sheets secara gratis dan tanpa harus laksanakan instalasi dengan akses lewat halaman Google Sheets memakai akun Gmail.
  • Akses dari mana pun dan kapan pun. Sebab berbasis Cloud, maka pengguna bisa memicu, mengakses, dan juga mengedit dokumen  dari mana pun dan kapan pun (Asalkan perangkat mengakses internet).
  • Kapasitas penyimpanan lumayan besar. Dengan dengan kapasitas Google Drive sebesar 15 GB tentunya telah lebih dari lumayan kecuali cuman digunakan untuk penyimpan dokumen-dokumen G Suite.
  • Punyai taraf keamanan yang baik. Google menjamin keamanan pada tiap tiap dokumen yang udah dibuat, agar tanpa persetujuan akses dari pengguna maka dokumen tidak bisa diakses oleh pengguna lain.
  • Support pada bermacam browser. Pengguna bisa mengenakan Google Sheets pada beraneka browser populer seperti Internet Explorer, Google Chrome, Apple Safari, dan lainnya. Pengguna bisa mengenakan Google Sheets lewat perangkat Android dan ios.

Kekurangan Google Sheets

Kurangnya fitur profesional. Untuk fitur baku, Google Sheets memang telah lebih  dari lumayan. Tapi untuk fitur yang lebih profesional Microsoft Excel masih jadi yang terbaik.

Belum ada versi desktop. Sayangnya, Google Sheets belum ada untuk perangkat desktop seperti Windows, Mac, ataupun Linux. Hanyalah ada di dalam versi website, Android, ios, dan Chrome Os.

Dan selesai sudah pembahasan tentang Google Sheets. Semoga informasi ini bisa memberikan manfaat, beserta pengetahuan tambahan. Jika kritik dan saran, kamu bisa tulis di kolom komentar. Dan sampai jumpa di artikel pada akhirnya.

Share:
0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments