Cara Mengatasi Masalah USB Device Not Recognized

Cara Mengatasi Masalah USB Device Not Recognized – Pada postingan kali ini saya akan membagikan sebuah tutorial cara mengatasi masalah USB Device Not Recognized yang dialami oleh pengguna komputer/laptop saat mencoba menghubungkan media USB ke port. Biasanya jika muncul notifikasi ini berarti perangkat telah gagal terhubung.

Misalnya, ketika Anda mencolokkan USB stick yang berisi sebuah data penting, tetapi muncul pemberitahuan USB Device Not Recognized, Anda tidak dapat mengakses isi flash drive tetapi hanya memasukkan partisi kosong. Tentu saja hal ini membuat para pengguna komputer biasa akan merasa panik.

Namun anda tidak usah khawatir karena banyak sekali jalan menuju zimbabwe, masalah seperti ini sangat mudah untuk diselesaikan melalui trik sederhana. Sebelum Anda memutuskan untuk mengganti port USB karena telah dianggap rusak, ada baiknya Anda mencoba beberapa solusi pemecahan masalah yang saya bahas pada postingan kali ini.

Cara Mengatasi masalah USB Device Not Recognized

Masalah ini terjadi pada para pengguna komputer/laptop Windows di hampir seluruh pelosok dunia, termasuk Anda dan saya. Cara berikut ini bisa kamu coba di seluruh versi Windows mulai dari 7, 8, 8.1 hingga versi terbaru yaitu Windows 10. Silahkan coba cara alternatif yang telah saya sebutkan di bawah ini.

Cabut Kemudian Pasang Kembali Media Usb

Saat mencolokkan media USB untuk pertama kalinya muncul sebuah pemberitahuan peringatan Perangkat USB Tidak Diakui? Jangan panik, silakan cabut media port USB lalu pasang kembali. Saya jamin 65% masalah Anda akan teratasi. Meski terdengar sepele dan tidak masuk akal.

Pasti anda juga pernah melakukannya baik di dalam lab komputer, sekolah/kampus maupun di rumah. Biasanya pada saat kita menggunakan komputer umum, kita menyukainya secara asal-asalan, seperti mencabut USB tanpa removable safe, atau melepas lalu mencolokkan kembali USB karena muncul notifikasi di task bar tentang USB Device Not Recognized

Coba Port Lain

Salah satu penyebab di balik munculnya peringatan USB Device Not Recognized ini yaitu faktor port USB yang longgar, sebelumnya menggunakan media lain tetapi dilepas tanpa melalui proses eject sehingga masih terdeteksi terkoneksi, error sementara dan lain sebagainya.

Untuk mengetahui apakah kerusakan ada pada port media atau colokan usb Anda, coba colokkan pada port di sebelahnya. Jika Anda menggunakan CPU, Anda bisa mencoba port USB di bagian belakang. Atau Anda juga bisa mencoba port eksternal, tersedia di toko komputer di dekat tempat tinggal Anda.

Demikian ulasan tentang Cara Mengatasi Masalah USB Device Not Recognized semoga bermanfaat.

Share:
0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments