Gampang ! 10 Cara Crop Video di Adobe Premiere dengan Cepat

cara crop video di adobe premiere

Salah aplikasi editing video yang banyak digunakan ialah Adobe Premiere. Seperti yang kita ketahui, bahwa dalam tahapan proses pengeditan video, biasanya ada proses cropping atau mutilasi bagian video tertentu, sesuai dengan keinginan penggunanya. Namun meski begitu, masih ada saja yang belum tahu bagaimana cara crop video di adobe premiere.

Dan pada artikel ini, penulis akan memberikan penjelasan tentang cara crop video di adobe premiere, sebagai tembahan pengetahuan. Tetapi sebelum itu, ada baiknya jika kita mengenal terlebih dahulu apa itu Adobe Premiere, dan apa saja fiturnya. Dan berikut adalah penjelasan dari jurnalremaja.

Cara Crop Video di Adobe Premiere dengan Cepat dan Mudah

Apa itu Adobe Premiere?

Adobe Premiere adalah perangkat lunak penyunting video, yang dikhususkan untuk membuat rangkaian gambar, audio dan video. Software editing video ini, banyak digunakan oleh rumah produksi video, media televisi, iklan, broadcasting, dan perusahaan konten video.

Dibanding software editing lainnya, Adobe Premiere menjadi salah satu software edit video yang mudah dipahami dari antarmuka dan fiturnya. Adobe Premiere bisa bekerja sama dengan software multimedia lainnya, seperti After Effects untuk menciptakan banyak efek, Adobe Photoshop, dan juga program utilitas lainnya.

Program ini juga memberi tambahan fasilitas video effects dan sound effects. Bersifat komprehensif dengan program Adobe Creative Cloud lainnya, membuat Adobe Premiere disukai kreator, misalnya untuk menyusun video event seperti company profil, video klip musik, cerita film, pernikahan, dan lainnya.

Fitur Utama Adobe Premiere

Di bawah ini, adalah beberapa fitur utama yang ada di Adobe Premiere.

Edit video/ film berkualitas dalam satu sistem

Di dalam fitur utama Premiere, Kamu bisa mengedit video dengan colour gradient, adjust sound and import graphics, dan efek khusus dari aplikasi Adobe lainnya. Jika Kamu ingin hasil project video jadi maksimal, gunakanlah kombinasi pengeditan video dari Adobe Creative Cloud lainnya, seperti:

  • Fitur impor cuplikan (Import footage) dari format arsip apa pun.
  • Fitur memangkas cuplikan (Trim footage) dengan presisi (Precision).
  • Fitur penambahan efek animasi dan video (Add animation and video effects).
  • Mengelola audio editing dan sound effects.

Integrasi lebih baik dengan After Effects dan Adobe Stock

Fitur kedua ini termasuk kemudahan dari Adobe Premiere  dalam mengintegrasikan project video, dengan beberapa komposisi dari Adobe Stock dan After Effects. Beberapa hal yang bisa Kamu lakukan dengan fasilitas ini di antaranya:

  • Creative Cloud Libraries, panel untuk mencari rekaman video yang dibutuhkan (Find the footage).
  • Mengimpor komposisi visual effects dari After Effects.
  • Post-Production dengan film-editing dan Adjust colours and white balance.

Untuk membuat efek penyempurnaan project video pada pasca-produksi, sesuaikan pekerjaan Kamu dengan beberapa fitur di bawah ini:

  • Film-Editing basics, dengan mengimpor rekaman (Import footage), membuat efek urutan (Create a sequence), memberi tambahan judul (Add title), menyesuaikan taraf audio (Adjust audio levels), dan mengekspor video (Export video).
  • Adjust colours and white balance, untuk menyesuaikan pewarnaan. Gunakanlah penyempurnaan dengan Lumetri Colour Panel, yaitu favorit sinematografer untuk membuat penyesuaian warna pada video secara profesional. Tak hanya itu, gunakan white balance, colour correction, colour grading, dan lainnya.

Dan itulah sedikit penjelasn tentang Adobe Premiere. Dan seperti yang sudah penulis janjikan, pada artikel ini akan diberikan cara crop video di adobe premiere. Tanpa berlama-lama lagi, berikut adalah penjelasannya.

Cara Crop Video di Adobe Premiere

Sebelum mengikuti cara memotong video di Adobe Premiere Pro, pasti saja Kamu harus mempunyai aplikasi Adobe Premiere terlebih dahulu. Jikalau sudah, ikuti pedoman cara crop video di Adobe Premiere berikut ini :

1. Bukalah Aplikasi Adobe Premiere

Silahkan masuk ke aplikasi Adobe Premiere. Kamu bisa double click pada ikon aplikasi Adobe Premiere.

2. Open Project di Adobe Premiere

Tahapan cara memotong video di Adobe Premiere selanjutnya adalah dengan membuka project di aplikasi Premiere. Berikut ulasannya :

  • Silahkan pilih “Arsip” pada menu yang terletak di atas layar.
  • Lalu klik “New”, jika Kamu ingin memulai project yang baru. Alternatif lain bisa pilih “Open” di layar untuk mengakses lembar kerja atau project yang ada.
  • Pilih arsip yang akan Kamu buka, selanjutya klik “Open”.

3. Masukkan Klip Video ke dalam Project di Aplikasi

Apabila video yang akan diedit belum masuk ke project barumu, maka Kamu harus mengimpornya terlebih dahulu ke lembar kerja di Adobe Premiere. Caranya klik “Arsip”, sesudah itu pilih “Import”, lalu pilih video yang akan diimpor. Kemudian klik “Open”.

4. Pilih Video yang Akan Dipotong pada “Proyek” Seret ke dalam Timeline

Video yang diimpor ke dalam aplikasi Adobe Premiere, bisa ditemukan pada panel Proyek, yang terletak di bawah Libraries. Biasanya, panel proyek itu berada di pojok kiri bagian bawah layar. Sedangkan panel Timeline sendiri biasanya berada di samping kanan pada panel Proyek.

Jika Kamu tidak melihat adanya panel Proyek maupun panel Timeline. Silahkan klik Windows yang terletak di menu bagian atas pada layar. Lalu pastikan panel itu sudah dicentang.

5. Sorot Video di Timeline

Cara memotong video di Adobe Premere selanjutnya ialah sorot video klip pada Timeline.

6. Pilih “Effect”

Tab “Effect” biasanya terletak di atas ventilasi, dan biasanya berada di samping kiri pada bagian bawah layar.

7. Klik Ikon Panah ke Kanan

Klik ikon panah ke sebelah kanan yang terletak di samping “Video Effects” pada daftar efek. Selanjutnya, Kamu akan ditampilkan daftar kategori atau pilihan efek video.

8. Klik Anak Panah di Samping “Transform”

Kamu bisa pilih anak panah yang ada di samping menu “Transform”. Selanjutnya, Kamu akan ditampilkan daftar transform.

9. Klik Crop Tool Lalu Seret Video di Timeline

Cara crop video di Adobe Premiere selanjutnya Kamu bisa klik Crop Tool lalu seret video yang terletak di Timeline. Setelah itu Kamu akan diperlihatkan “Effects Controls” di jendela sebelah kiri atas di layar.

Metode lainnya, silahkan crop di bilah pencarian pada bagian atas Project. Lalu tekan enter jika ingin mencari beberapa efek video pada crop tool.

10. Lakukan Pengaturan Batas Video

Kamu bisa melakukan pengaturan batas klip video di dalam kontrol pada Effects Controls. Untuk keterangan lebih lanjut, simak ulasan di bawah ini :

  • Memperbesar angka yang terdapat di samping Edge Feather di tab Effects Control, bisa menghaluskan garis yang mengelilingi klip video.
  • Persentase yang bertuliskan 0%, biasanya menunjukkan jika sisi tersebut masih belum dipotong.
  • Klik kolom centang yang ada di samping Zoom, digunakan untuk memperbesar ukuran video sesudah dipotong. Hal tersebut dilakukan untuk mengisi Sequence Preview.
  • Hal yang harus diperhatikan ialah memperbesar video yang beresolusi rendah bisa membuatnya terlihat buram atau pecah.

Itulah beberapa tutorial cara crop video di Adobe Premiere. Jadi, bagi pemula yang ingin melakukan editing video atau memotong bagian-bagian tertentu pada video, Kamu bisa mencoba teknik di atas!

Share:
0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments