15 Pustaka JavaScript untuk Membuat Grafik yang Indah

Pustaka JavaScript untuk Membuat Grafik, Hampir tidak mungkin membayangkan dasbor tanpa grafik dan bagan. Render data yang kompleks dengan cepat dan efisien. Selain itu grafik yang bagus juga dapat meningkatkan keseluruhan desain situs web Anda. Pada artikel ini saya akan memperkenalkan Anda ke beberapa perpustakaan JavaScript terbaik untuk grafik dan bagan. Pustaka ini dapat digunakan untuk proyek mendatang. Ini membantu Anda membuat bagan indah yang dapat disesuaikan. Sebagian besar perpustakaan gratis dan open source tetapi beberapa memiliki versi berbayar dengan fitur tambahan.

Library charting JS Popular :

  • D3.js – Populer, didukung dengan baik tetapi kurva belajar yang curam.
  • Plot.ly – Bagus untuk pembuatan bagan ilmiah. Dibangun dari D3.js.
  • Chart.js – Sederhana dan elegan

Library charting JS lainnya:

D3.js — Dokumen Berbasis Data

Itulah hal pertama yang terlintas dalam pikiran saat ini ketika kita memikirkan tabel D3.js. Sebagai desain open source D3.js tentunya menawarkan banyak fitur canggih yang tidak dimiliki kebanyakan library yang ada. Karakter dinamisnya seperti transisi yang kuat dan keakraban sintaksis dengan jQuery menjadikannya salah satu pustaka JavaScript terbaik untuk ilustrasi.

Grafik di D3.js dirender melalui HTML SVG dan CSS. Tidak seperti kebanyakan pustaka JavaScript D3.js tidak dilengkapi dengan bagan bawaan secara default. Namun untuk mendapatkan gambaran mari kita lihat daftar grafik yang dibuat dengan D3.js. Seperti yang Anda lihat D3.js mendukung banyak jenis grafik.

Ada kurva belajar yang curam untuk pemula tetapi ada banyak tutorial dan sumber daya untuk Anda mulai. D3.js tidak berfungsi dengan baik di browser lama. Mirip dengan IE8 (tapi siapa yang membuatnya?). Namun Anda selalu dapat menggunakan plugin untuk kompatibilitas silang. Jika ingin belajar D3.js ada buku tentang visualisasi data dengan D3.

Plotly.js

 

plotyjs

Plotly.js adalah pustaka peta JavaScript ilmiah pertama untuk web. Sudah open source sejak 2015 yang berarti siapa pun dapat menggunakannya secara gratis. Plotly.js mendukung 20 jenis grafik termasuk grafik 3D peta SVG dan grafik statistik. Itu dibangun di atas D3.js dan stack.gl.

Google Charts

google charts

 

Google Charts sangat cocok untuk proyek sederhana yang tidak memerlukan penyesuaian yang rumit. Ini menawarkan banyak bagan yang dibuat sebelumnya seperti bagan area bagan batang bagan kalender bagan pai bagan geografi dan lainnya. Semua grafik bersifat interaktif dan dapat ditambahkan ke halaman dalam hitungan menit.

Google Charts juga memiliki sejumlah opsi penyesuaian yang membantu Anda mengubah tampilan bagan Anda. Bagan ditampilkan menggunakan HTML5/SVG untuk kompatibilitas lintas-browser dan portabilitas lintas-platform untuk iPhone iPad dan Android. Ini juga termasuk VML untuk mendukung versi IE yang lebih lama.

Berikut : Contoh Aplikasi Yang Dibuat Menggunakan Google Charts.

ChartJS

chartjs

 

ChartJS menyediakan desain datar yang bagus untuk grafik. Ini menggunakan elemen Kanvas HTML5 untuk rendering dan mendukung semua browser modern (IE11).

Skema ChartJS responsif secara default. Bekerja dengan baik di ponsel dan tablet. Ada 8 jenis bagan (garis bilah radar melingkar dan pai kutub bertitik di area tersebut) yang dapat Anda padu-padankan. Semua grafik dianimasikan dan dapat disesuaikan.

Berikut : Contoh Aplikasi Yang dibuat Dengan ChartJS.

Chartist.js

chartistjs

 

Chartist.js menyediakan bagan responsif yang indah. Seperti ChartJS Chartist.js adalah produk komunitas yang dikembangkan menggunakan Pustaka Bagan JavaScript bernilai tinggi.

SVG digunakan untuk membuat grafik. Itu dapat dikontrol dan dikustomisasi menggunakan kueri media CSS3 dan Sass. Perhatikan juga bahwa Chartist.js menawarkan animasi luar biasa yang hanya berfungsi di browser modern.

Anda dapat menelusuri dan menggunakan berbagai jenis bagan di halaman contoh Chartist.js. Grafik bersifat interaktif dan dapat diedit dengan cepat.

Rechart

rechart js

Rechart adalah library charting JavaScript yang dapat dikonfigurasi untuk membuat chart menggunakan komponen React kustom yang dapat digunakan kembali. Itu dibangun di atas elemen SVG dan D3.js. Contoh penggunaan Rechart.

n3-grafik

n3charts

Jika Anda seorang developer AngularJs n3-chart sangat berguna dan menariknya n3-chart dibangun di atas D3.js dan Angular. Ini menawarkan berbagai grafik standar dalam bentuk pola sudut yang dapat disesuaikan. contoh chart menggunakan n3-chart.

ZingChart

zingchart

 

ZingChart menawarkan produk interaktif fleksibel yang sangat skalabel dan inovatif untuk pembuatan grafik yang cepat. Produk mereka digunakan oleh perusahaan seperti Apple, Microsoft, Adobe, Boeing dan Cisco. ZingChart menggunakan Ajax JSON HTML5 untuk menghasilkan grafik yang indah dengan cepat.

ZingChart menawarkan lebih dari 35 jenis grafik dan modul responsif yang juga dapat menampilkan data realtime. Mereka dapat ditata dan bertema dengan CSS dan dapat dengan cepat menghasilkan data besar. Contoh Penggunaan ZingChart

Anda dapat mencoba semua grafik secara gratis tetapi untuk mendapatkan hasil watermark Anda perlu membeli salah satu lisensi ZingChart berbayar tergantung pada beban kerja Anda.

HighCharts

highcharts

 

Pustaka grafik populer lainnya adalah HighCharts. Muncul dengan sejumlah animasi keren yang akan menarik banyak perhatian ke situs Anda. Highcharts seperti perpustakaan lain hadir dengan banyak bagan yang dibuat sebelumnya seperti Spline Area AreaSpline Column Bar By Scatter. Grafik responsif dan ramah seluler.

Highcharts juga menawarkan banyak fitur lanjutan seperti menambahkan anotasi ke bagan. Salah satu manfaat terbesar menggunakan Highcharts adalah kompatibilitas dengan browser lama bahkan jika Anda kembali ke Internet Explorer 6. Browser standar menggunakan SVG untuk menampilkan grafik.

Grafik dibangun menggunakan VML di Internet Explorer lama. Ada juga kerangka kerja untuk bahasa paling populer (.NET PHP Python R dan Java) (Angular Vue dan React) dan paket untuk iOS dan Android.

HighCharts gratis untuk penggunaan pribadi tetapi Anda harus membeli lisensi untuk penggunaan komersial.

FusionCharts

fusioncharts

 

FusionCharts adalah salah satu library charting JavaScript yang dirilis pada tahun 2002. Dengan lebih dari 100 chart dan 1400 chart mudah untuk mengatakan bahwa FusionCharts adalah library charting JavaScript yang paling lengkap. Ini menawarkan integrasi dengan semua kerangka kerja JavaScript populer dan bahasa pemrograman sisi server.

Grafik dirender menggunakan HTML5/SVG dan VML untuk meningkatkan portabilitas dan kompatibilitas dengan browser lama – bahkan Internet Explorer 6. Ini telah membuat kompatibilitas mundur menjadi opsi yang sangat populer untuk waktu yang lama.

Anda dapat mengekspor grafik dalam format JPG PNG SVG dan PDF. Anda dapat menggunakan FusionCharts versi watermark gratis di proyek pribadi Anda. Namun Anda harus membeli lisensi komersial untuk menghapus tanda air.

Flot

flot js

 

Flot Merupakan library chart JavaScript jQuery. Ini juga merupakan salah satu perpustakaan grafik tertua dan paling populer. Flot mendukung batang area solid titik linier dan kombinasinya. Ini juga kompatibel dengan IE6 dan browser lama yang kembali ke Firefox 2. Flot sepenuhnya open source atau gratis untuk digunakan.

Daftar contoh grafik dibuat dengan flot

amCharts

amcharts

 

amCharts adalah salah satu perpustakaan charting terbaik. Ini menyediakan peta dan peta topografi (peta) yang memungkinkan visualisasi data tingkat lanjut. Paket bagan peta sangat mengesankan. Ini memungkinkan Anda untuk membuat berbagai peta interaktif hanya dengan beberapa baris kode.

Beberapa fitur keren yang disediakan oleh paket ini termasuk offset koordinat proyeksi peta dan peta panas. Ada banyak peta yang dibundel dan Anda bahkan dapat membuatnya sendiri. amCharts menggunakan SVG untuk membuat grafik untuk semua browser modern. TypeScript menyediakan integrasi dengan Angular React Vue dan aplikasi JavaScript murni.

contoh demo yang dibuat menggunakan amCharts.

CanvasJS

canvajs

 

CanvasJS adalah library grafis HTML5 responsif dengan kinerja tinggi dan API sederhana. Mendukung 30 jenis bagan yang berbeda (termasuk bagan bertumpuk area kolom dll.) didokumentasikan dengan baik.

Semua bagan menyertakan fitur interaktif seperti tooltip yang diperbesar animasi panorama dan banyak lagi. CanvasJS dapat diintegrasikan dengan kerangka kerja umum (Angular React dan jQuery) dan teknologi server (PHP Ruby Python ASP.Net Node.JS Java).

Contoh Grafik Menggunakan CanvasJS.

Chart UI TOAST

chart toast ui

 

Chart UI TOAST adalah library charting JavaScript open source yang mendukung browser lama termasuk IE8. Ini mencakup semua jenis bagan dan peta populer yang dapat disesuaikan menurut topik yang dipilih pengguna. Bagan juga dapat digabungkan menjadi bagan hibrida seperti kolom dan area dengan garis dll. Lihat daftar lengkap contoh.

AnyChart

anychart

 

AnyChart adalah pustaka bagan JavaScript yang ringan dirancang untuk embed dan integrasi. AnyChart memungkinkan Anda untuk menampilkan hingga 68 grafik serta menawarkan opsi untuk membuat jenis bagan Anda sendiri. Anda dapat menyimpan gambar dalam format PDF PNG JPG atau SVG.

Library AnyChart menyediakan lima jenis sumber daya untuk dibaca pengguna (Documentation API Reference Playground Chartopedia dan FAQ). Anda dapat mengunduh versi online namun terdapat watermark.

Gratis setelah pendaftaran. Namun Anda harus membeli lisensi untuk menggunakan sebagai komersial.

Kesimpulan

Semua kembali ke hak kalian untuk memilih Pustaka JavaScript untuk Membuat Grafik untuk proyek masa depan Anda. Pengembang yang ingin kontrol penuh atas grafis mereka pasti akan memilih D3.js. Hampir semua perpustakaan di atas didukung dengan baik di forum stack overflow.

Jika Anda mencari alat untuk membuat diagram yang sudah jadi kunjungi artikel 5 alat untuk membuat diagram yang menakjubkan secara online. Anda juga dapat membaca Membuat diagram garis dan batang sederhana menggunakan D3.js untuk memulai D3.js. Ada juga seri khusus tentang penggunaan Google Charts dengan Angular dan buku berjudul Pengantar Memvisualisasikan Data dengan D3.

Ada banyak pustaka grafik dan grafik lainnya di luar sana. Berikut adalah beberapa yang lebih layak untuk dicoba:

  • GoJS adalah pustaka diagram JavaScript untuk diagram alur interaktif, bagan organisasi, alat desain, alat perencanaan, bahasa visual.
  • C3.js adalah pustaka bagan berbasis D3 yang dapat digunakan kembali.
  • lesung pipi adalah API berorientasi objek untuk analisis bisnis yang didukung oleh D3.
  • Dipetakan, oleh Medium, adalah alat yang secara otomatis memvisualisasikan data. Anda hanya memberikan link ke file data. (Anda dapat membaca lebih lanjut tentang itu di Sedang.)
  • Grafik Smoothie dapat membantu, jika Anda berurusan dengan aliran data waktu nyata.
  • Chartkick.js adalah pustaka yang memungkinkan Anda membuat bagan yang indah dengan satu baris JavaScript.
  • Morris.js adalah perpustakaan yang kuat dengan antarmuka yang bersih. Ini memungkinkan Anda membuat grafik yang bagus dengan mudah. Ini didasarkan pada jQuery dan perpustakaan JavaScript Raphal.

Terakhir, berikut adalah beberapa alat sederhana untuk membuat infografis dengan cepat:

  • infogram memudahkan pembuatan infografis dan laporan yang menarik dalam hitungan menit.
  • Piktochart adalah alat intuitif sederhana yang membantu Anda mewakili berbagai jenis data.
  • dengan mudah adalah pembuat infografis sederhana yang memungkinkan Anda memvisualisasikan segala jenis informasi.

Share:
0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments