10 Cara Membuat Logo di Photoshop dengan Mudah

Logo adalah hal yang sangat penting bagi suatu bisnis. Bisa dibilang, logo ini adalah paras bisnis yang akan membuat brandnya dikenali di pasaran. Akan tetapi, bagaimana ya cara membuat logo di Photoshop? Dengan adanya logo maka, bisnis kamu akan lebih dikenal oleh konsumen. Maka dari itu logo sangat berpengaruh bagi bisnis yang sedang kamu jalani. Untuk itulah tidak ada salahnya, jika kamu membuat logo dan mempromosikan bisnismu dengan logo tersebut.

Apakah membuat logo sendiri merupakan tugas yang sulit? Tidak juga, kok! Software seni digital seperti Photoshop, sangat mungkin bagi siapapun untuk bisa membuat logo yang menarik dan terlihat profesional sekalipun tidak memiliki pengalaman desain logo. Wah, bagaimana caranya ya? Temukan di artikel ini cara membuat logo di Photoshop dengan mudah.

10 Cara Membuat Logo di Photoshop dengan Mudah

 

Sebelum mendesain apa pun, penting untuk menemukan beberapa ide logo yang sekiranya mencerminkan bisnis itu sendiri. Coba tuliskan catatan dan beberapa sketsa dari apa yang ada di dalam pikiran sehingga ada sesuatu yang bisa dijadikan dasar pekerjaan. Untuk itu, beberapa ide kecil ini bisa dijadikan sebagai titik referensi untuk membuat logo di Photoshop. Buat yang bertanya-tanya tentang loga kami akan memberikan informasi bagaimana cara membuat logo di Photoshop? Berikut ini ulasannya :

1. Buat Lembar Kerja atau Kanvas Baru

Langkah pertama untuk membuat desain logo dengan Photoshop dengan membuat lembar kerja atau kanvas kosong. Ada baiknya sebelum membuat logo ubah dulu pengukuran ke piksel, dan gunakan ukuran kanvas minimal 500px X 500px.

Piksel (Px) adalah ukuran yang dikenal secara umum dalam dunia desain. Kamu dapat menggunakan ukuran kanvas yang besar atau lebih kecil jika mau, tetapi 500px X 500px adalah ukuran yang layak untuk mulai melakukannya. Jika ingin mengubah ukuran kanvas, Kamu bisa melakukannya kapan saja dengan terhubung opsi “Canvas” makas secara manual mengubah tinggi dan lebar ukuran logo.

2. Buat Arsip Penyimpanan

Nah, inilah hal yang sangat disarankan untuk para desainer agar selalu menyimpan apapun pekerjaannya setiap menitnya untuk mengantisipasi hal yang tidak di inginkan. Yap, pastikan untuk membuat arsip simpan. Kamu tidak pernah tahu kapan hal itu terjadi, seperti listrik yang tiba-tiba mati atau menumpahkan secangkir kopi ke semua laptop.  Jadi, dari pada pekerjaan tidak tersimpan, maka pastikan terlebih dahulu untuk membuat arsip penyimpanan.

Menariknya dari Photoshop adalah Kamu dapat menyimpan langsung ke cloud Adobe meskipun laptop rusak, Kamu masih dapat membuka desain logo dari komputer lain. Cara untuk membuat arsip penyimpanan adalah dengan “Klik Arsip” lalu “Save As” dan pilih untuk menyimpan di cloud Adobe. Jika ingin menyimpan desain logo di hard drive komputer, maka simpan di “Local Disk D” komputer.

3. Gambarlah Bentuk Dasar

Jika ingin menggambar bentuk dasar, pilih“pen Tool” dari Toolbar. Kamu juga bisa menekan pintasan “P” tapi pastikan opsi pintasa ini disetel ke “Shape” pada bilah opsi. Ada baiknya pintasan ini diaktifkan di “Kisi” jika ingin membuat proses menggambar jauh lebih mudah dikelola. Setelah kisi ini aktif, maka mulailah untuk menggambar bentuk panah dengan pena. Mulailah dengan mengklik “Titik Atas” canvas kemudian klik pada “3 titik” lagi untuk membuat desain.

4. Buat Lingkaran untuk Memulai

Kamu bisa mulai untuk menggambar desain logo dengan memilih opsi “Elliptical Marquee Tool” baru setelah itu, buatlah lingkaran. Kamu bisa menyesuaikan ukuran lingkaran yang diinginkan sesuai dengan logo bisnis yang ingin dibuat.

Desain suite seperti Photoshop juga menggunakan lapisan untuk mempermudah pekerjaan dan  sangat mungkin Kamu untuk menempatkan elemen yang berbeda di atas satu sama lainnya untuk menciptakan dampak yang indah. Terkecuali Kamu membuat kesalahan atau ingin membatalkan sesuatu, tekan saja tombol “Ctrl + Z”. Jangan lupa untuk selalu menekan “Ctrl + S” agar semua desain yang sudah dijalankan tersimpan.

5. Buat Lingkaran Bayangan

Jika sudah membuat lingkaran, kemudian klik kanan dan pilihlah opsi “Stroke” dan ubah warnanya sesuai dengan keinginanmu. Ketika lingkaran pertama sudah nampak, maka langkah selanjutannya klik opsi “Rounded Rectangle Tool” jika kamu ingin menciptakan lingkaran bayangan. Nah, kegunaan dari lingkaran bayangan adalah agar desain logo menjadi lebih menarik. Pastikan bayangan ini lebih besar ukurannya dari pada lingkaran yang pertama.

Cara membuat logo di Photoshop dengan menulis nama logo. Apabila sudah ada dua gambar 2 lingkaran, maka langsung arahkan kursor dengan mengklik kanan bagian lingkaran yang pertama. Kemudian klik opsi “Horizontal Jenis Tool” yang ada di side bar sebelah kiri.

Tuliskan nama untuk logo bisnis yang hendak dibuat.tekan “Ctrl + T” agar tulisan ada di center position. Setelah itu tekan “Ctrl + J” jika ingin menyalin lingkaran 1. Setelah itu, jika ingin membuat tulisan di bagian bawah lingkaran, klik lagi opsi “Horizontal Model Tool”.

7. Pilih Font dan Warna Kamu

Sangat penting untuk memilih jenis huruf yang kamu sukai. Font serif, sans-serif, atau melengkung dapat mengubah tampilan dan perbedaan makna logo secara drastis, jadi bereksperimenlah dengan bebas hingga menemukan font yang sempurna. Pastikan kamu mempunyai font secara sah, dan Kamu dapat menggunakannya untuk pemakaian komersial demi menghindari kasus di kemudian hari.

8. Tambahkan Gradien Warna

Warna memainkan peran penting dalam desain logo. Untuk membuat logo yang menonjol, maka gunakan gradasi warna yang sekiranya menarik. Untuk membuat gradient baru di Photoshop, klik “Fill” di bagian menu atas baru setelah itu pilih “New Gradient” dan pilih untuk membuat sendiri gradasi warna yang disukai.

9. Tambahkan Ikon Perbisnisan

Membuat shape dengan dua layer dengan tulisan. Lalu apa langkah paling akhir? Jika Kamu mempunyai ikon bisnis, maka tambahkan saja ikon tersebut ke sedang-sedang bentuk lingkaran 1. Namun jika memang tidak ada ikon bisnis, julukan dan bentuk lingkaran saja juga sudah bisa selama permainan font dan warnanya menarik.

10. Lakukan Penyesuaian

Kamu memiliki banyak ruang untuk melakukan pengeditan atau penyesuaian disesuaikan dengan keperluan, seperti mengubah warna, bentuk, atau bahkan menduplikasi lagi dan memberikan lebih banyak elemen. Jika kamu bahagia dengan desain akhir yang sudah dibuat, maka simpan dalam format yang Kamu butuhkan, dan jika kurang senang, edit kapan saja.

Photoshop merupakan alat hebat yang dapat digunakan untuk mendesain apapun. Cara untuk membuat logo di Photoshop memang membutuhkan waktu dan upaya karena tidak ada orang yang langsung bisa menguasai software ini. Selama mau berbisnis dan latihan, software satu ini tentu bisa kok dikuasai.

Demikianlah, beberapa ulasan yang membahas tentang cara membuat logo di photoshop jika kamu tertarik untuk membuat logo maka ikutilah cara di atas.

Share:
0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments